Pembangunan Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal pada Maninjau Futsal

  • Dwiky Ramadhoni Prasetyo Universitas Wanita Internasional
  • Muhamad Nawawi Universitas Wanita Internasional
Kata Kunci: Sistem Infomasi, Penyewaan, Lapangan Futsal, Maninjau Futsal

Abstrak

Abstrak

Maninjau Futsal adalah salah satu tempat untuk jasa penyewaan lapangan futsal. Akan tetapi dalam pengelolaan data transaksional seperti data penyewaan dan pembuatan laporan masih melakukan proses konvensional yaitu pencatatan dengan tulisan tangan dan penyimpanan dalam buku besar sehingga menjadi masalah saat dibutuhkan akses yang cepat dalam pencarian data maupun pembuatan laporan. Oleh sebab itu peneliti merasa perlu membangun sebuah sistem yang dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data transaksi dan pengolahan laporan. Diharapkan dengan penelitian ini dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi, akses data dan pembuatan laporan di Maninjau Futsal. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah Prototype, sedangkan untuk pemodelan sistem menggunakan Unifield Modelling Language (UML). Dengan menggunakan metode pengujian Blackbox dapat ditarik kesimpulan bahwa seluruh fungsi dapat berjalan dengan baik dan sistem siap diimplementasikan.

Abstract

Maninjau Futsal is a business place operated in futsal field booking services. However, in managing transactional data, such as booking data and reporting still process the conventional framework, such as recording by handwritten and storaging in ledgers, so that becomes a problem when fast access is needed in transaction data and transaction report. Therefore we need a system that can improve efficiency in managing transaction data and transaction report. This research is expected to simplify and accelerate the transaction process, data access and reporting at Maninjau Futsal. The system development method in this study is Prototype, while for system modeling uses the Unifield Modeling Language (UML. The programming language uses Java. By using the Blackbox testing method, it can be concluded that all functions can run properly and the system is ready to be implemented.

Diterbitkan
2022-12-21
Cara Mengutip
Prasetyo, D., & Nawawi, M. (2022). Pembangunan Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal pada Maninjau Futsal. Jurnal Tekno Insentif, 16(2), 129-138. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jti.v16i2.886