MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PAUD SPS

  • Agung Nurul Hidayat STKIP Mutiara Banten
Kata Kunci: Artikel ilmiah, Pembelajaran Kooperatif, Anak Usia Dini., Scientific articles, Cooperative Learning, Early Childhood

Abstrak

Abstract: In this paper can be interpreted and aims to (1) to know the process of implementing cooperative learning in PAUD SPS, (2) to know the improvement of interpersonal intelligence through cooperative learning. The method used in this activity is class action research. In this activity, namely early childhood, including data retrieval techniques are carried out through observation, interview, and documentation. Based on the results in this paper it is concluded that cooperative learning can be applied to PAUD SPS.

 Abstrak : Dalam tulisan ini dapat diartikan dan bertujuan untuk (1) untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran kooperatif pada PAUD SPS, (2) untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal melalui pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada subjek kegiatan ini yaitu anak usia dini, meliputi teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dalam tulisan ini disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat diterapkan pada PAUD SPS.

Diterbitkan
2020-10-30