STRATEGI DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL USAHA KECIL DAN MENEGAH (UMKM) BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Nani Supriyani Universitas Mandiri
  • Dewi Untari Universitas Mandiri
Kata Kunci: Strategi, Media Sosial, UMKM

Abstrak

Abstrak – Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan pemanfaatan media sosial usaha kecil dan menegah untuk bertahan di tengah pandemi covid-19. Dalam melaksanakan penelitian ini metode jenis pendekatan yang digunakan dengan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa resto meatandmeet di tengah pandemi covid-19 ini berusaha dengan berbagai cara meatandmeet sangat kreatif dan inovatif teknologi yang digunakan sangat menarik  dengan memanfaatkan teknologi media sosial melalui Instagram di mana akun Instagram meatandmeet memiliki banyak pengikut dan banyak hasil- hasil dari konsumen sebelumnya yaitu testimoni dari tiga menu yang ditawarkan pada resto meatandmeet. Upaya lain yang dilakukan resto meatandmeet adalah memberikan home service delivery dimana konsumen diberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan, konsumen tidak harus memikirkan peralatan untuk bisa berkumpul menikmati makanan yang sedang tren saat ini yaitu resto meatandmeet menawarkan berbagai pilihan menu terutama yang paling diminati adalah menu paket BBQ dan Shabu  yang komplit. Di dalam paket menu paket BBQ dan Shabu tersebut di keterangan hanya untuk empat orang saja namun setelah melakukan pemesanan menu tersebut bisa dinikmati untuk lebih dari sepuluh orang maka harga yang ditawarkan pada resto meatandmeet sangat relatif murah dan tetap dapat  menikmati masakan menu BBQ dan shabu tanpa harus datang ke resto jadi bisa menghindari kumpulan banyak orang dan mengikuti peraturan pemerintah untuk berdiam diri dirumah namun tetap bisa menikmati masakan BBQ dan shabu dirumah.

Abstract - The purpose of this study was to determine the strategies and use of social and medium media to survive the covid-19 pandemic. In carrying out this research, the type of approach used is descriptive qualitative research. The results obtained from this study are that the meatandmeet restaurant in the midst of the Covid-19 epidemic is trying in various ways. Meatandmeet is very creative and innovative. The technology used is very attractive by utilizing social media technology through instgrams where the meatandmeet instgram account has many followers and many results. - The results of previous consumers are testimonials from the three menus offered at the Meatandmeet Restaurant. Another effort made by the meatandmeet restaurant is to provide home service delivery where consumers are given an order, consumers do not have to judge the equipment to gather to enjoy the food that is currently trending, namely the meatandmeet restaurant offers a variety of menu options, especially the most popular ones are the BBQ and Shabu package menus which Complete. In the menu package, the BBQ and Shabu package is mentioned only for four people but after ordering the menu it can be enjoyed by more than ten people, the price offered at the meatandmeet restaurant is very relatively cheap and you can still enjoy BBQ and shabu menu dishes without having to. come to the restaurant so you can avoid crowds of people and follow government regulations to stay at home but still enjoy BBQ and shabu dishes at home.

Diterbitkan
2021-04-30
Cara Mengutip
Supriyani, N., & Untari, D. (2021). STRATEGI DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL USAHA KECIL DAN MENEGAH (UMKM) BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Ekono Insentif, 15(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v15i1.419
Bagian
Articles