Pengaruh Literasi Keuangan dan Lifestyle Hedon Terhadap Perilaku Keuangan Gen-Z pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Indo Global Mandiri Palembang

  • Bertua Ambarwati Sianipar Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • M. Bahrul Ulum Universitas Indo Global Mandiri Palembang
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Lifestyle, Perilaku Keuangan

Abstrak

Perkembangan dunia keuangan saat ini menawarkan banyak pilihan bagi masyarakat dalam mengambil keputusan keuangan. Mengelola keuangan dengan baik merupakan tindakan bijak yang dapat diambil untuk meningkatkan kondisi ekonomi, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun organisasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan lifestyle Hedon terhadap perilaku keuangan Gen-Z pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa prodi manajemen Angkatan tahun 2020 Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google form. Sampel penelitian ini terdiri dari 105 mahasiswa. Sumber data penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan hasil bahwa literasi keuangan dan lifestyle hedon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Gen-Z pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Indo Global Mandiri Palembang.

Abstract

Currently, the financial industry offers several options for individuals to make informed financial decisions. Effective financial management is a wise decision that can improve economic conditions for individuals, their families, and their organizations.  The aim of this study was to evaluate the influence of financial literacy and hedonic lifestyle on the financial behavior of Generation Z students enrolled in the Management Study Program, class of 2020, at Indo Global Mandiri University Palembang. This research comprised students from the Management program, class of 2020, at Indo Global Mandiri University Palembang. The research used a quantitative approach and distributed questionnaires through Google Form. The study gathered data from 105 students. This research obtained primary data using purposive sampling. The t-test results suggest that financial literacy and hedonic lifestyle have a positive and significant effect on Gen-Z financial behavior among students in Indo Global Mandiri University Palembang's Management Study Program.

Diterbitkan
2023-10-30
Cara Mengutip
Sianipar, B., Purnamasari, E., & Ulum, M. B. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lifestyle Hedon Terhadap Perilaku Keuangan Gen-Z pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Ekono Insentif, 17(2), 84-95. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v17i2.1167
Bagian
Articles